Inspiration, Story, WordPress

WordCamp Indonesia 2010

WordCampID – January 30, 2010 Hari sabtu kemarin tepatnya 30 januari, WordCamp Indonesia kembali diadakan untuk yang kedua kalinya dengan mangambil tempat di Auditorium Universitas Gunadarma. Alhamdulillah untuk pertama kalinya saya bisa berpartisipasi walau cuma sebagai peserta. Berawal dari sebuah tag di photo facebooknya Pandu seminggu sebelum kegiatan, saya merasa ada energi untuk mengikuti kegiatan ini. Walau udah telat untuk daftar sebagai “Early Bird” dengan harga mahasiswa yang bisa beli tiket seharga “cpe-rebu”, akhirnya saya ikut juga dengan tiket “Latecomers” dengan harga dua kalinya *haha, nekat, tapi alhamdulillah rizqinya memang sedang ada. jadi go ahead aja! (bukan iklan) :D.

Dengan niat ngajakin barudak ilkomerz42 supaya bisa ikut berpartisipasi juga, saya post deh tuh info di milis tanpa melihat batas akhir pembelian tiket *baru nyadar waktu ada reply dari Medria K yang tau lebih dulu, kalo pendaftaran harusnya udah tutup dua hari yang lalu. halah…. Hasilnya emang gak banyak yang ikut. Tapi tetep gak mengurangi keinginan tuk ikut acara ini.

Hari H nya pun tiba, berbekal perut kosong kami bertiga (Medri, Pandu, and me) pergi menuju acara. Sempat gak bisa keluar dari kereta (pending for next station) dan nyasar ke kampus lain (kebanyakan sih), akhirnya saya sendiri nyampe di tempat dengan selamat dan nggak telat buat standing breakfast, alhamdulillah :). Karena kita mah orang Indonesia and especially muslim, makan sambil berdiri gak cocok apalagi sambil bawa2 pisin. Jadi kita buat enak aja jadi sila-breakfast yang penting nikmat walau dibilang ndeso juga. wkkwkwk :D*. Di sana kita bertemu banyak orang2 aneh, geek (maybe), experts, dll. kayak yang satu ini, Amin namanya. Jadi pengen ketawa kalo denger namanya, dilihat dari jauh pendiem, eh ternyata. ckckck… (nggak mau ngomongin orang ah, peace min ^^v) baca aja versi dia. hehehe… 😀

Untuk tahun ini memang sang pendiri WordPress, Matt Mullenweg gak bisa hadir karena beberapa alasan. Tapi insyaAllah tahun depan dia dijadwalkan hadir untuk yang kedua kalinya di WordCampID. Dari para pembicara yang dijadwalkan hadir, hanya satu yang gak bisa hadir. Beau Lebens, Automattic Inc. yang menjadi keynote speaker pada hari itu memaparkan update terbaru dari WordPress yang akan mengeluarkan versi 3.0. Terdapat perubahan yang signifikan yang direncanakan dalam versi ini, yaitu menggabungkan versi standalone dengan WordPress MU (multi-user) *wuidiih, bakalan keren nih kayaknya!? hopefully… :D. Ini nih slide yang dipresentasikannya, cekidot!

ngerti nggak? 🙂 untuk lebih jelasnya mengenai slide di atas, anda bisa membacanya langsung dari artikelnya beau. Selain WordPress, dia juga mengenalkan product Automattic Inc lain yaitu commenting system dengan nama IntenseDebate. Bukan baru sih, tapi buat saya mah baru nih. Sistemnya keren, bisa diintegrasikan dengan beberapa blog dan tentunya website anda. Tapi sayangnya untuk WordPress.com sendiri sistem ini belum terintegrasi, entahlah. Mungkin ini jadi PR kali ya…!?

Pembicara yang lain juga gak kalah seru. Mereka memaparkan apa yang saya nggak ngerti.hehe… sayang slidenya belum saya dapatkan. Di antar pembicara itu, ada season yang terlewatkan dan keren kayaknya. Season yang bertema WordPress as Content-Management-System yang dibawakan oleh Setyagus Sucipto, iCreativeLabs Studio. Tapi gak jadi masalah lah, toh tinggal otak-atik bagian wp-adminnya, you will notice it then.

Secara keseluruhan acara WordCampID ini sangat menarik dan membekas. Berbagai macam orang terlibat di dalamnya, dengan jarak dekat maupun jauh. Mereka semua terikat dalam satu wadah kebersamaan dengan satu ketertarikan akan WordPress.hehe… semoga bisa ketemu lagi di WordCamp 2011 di luar kota sana, insyaAllah.

Standard

23 thoughts on “WordCamp Indonesia 2010

    • Levi Elhusni :

      ah.. g ngajak ngajak lw ad..!

      gw dah ngasih tau umam kok lev.gw pikir bakalan di share di kost. tahun depan lah insyaAllah

      Levi Elhusni :

      btw, tanggal 30 acaranya, nulisnya H+2 ya..?
      bagian mananya ya yang dikarang2 or dilebay2-in. :p

      hahaha… sok dianalisis.hehe…^^

  1. haha. sama ad kaya dulu saya ama priyo pas ikut seminar poss di bps, orang lain makan bediri kita bertapa di lantai 😀

    tadinya saya mau ikut juga ni, cuma dompet belum mengijinkan :p

    • iya mba, tapi seimbang kok dengan yang didapat, setidaknya menurut saya :).
      beberapa orang mungkin ada yang gratis, seperti teman baru saya itu.

  2. Pingback: A quick Note before reading “Wordcamp 2010 : The Journey” « 21Highresolut1on

  3. Pingback: Heu heu… Parantos “Lila” Geuning ( _ _)a « nurulishlah's words

Leave a comment