Trends

Mencoba Inkscape

inkscape logo

An Open Source vector graphics editor, with capabilities similar to Illustrator, CorelDraw, or Xara X, using the W3C standard Scalable Vector Graphics (SVG) file format.

-About Inkscape, http://www.inkscape.org/


Hari ni iseng ng-explore laptop sendiri, beres-beresin file yang berantakan, defragment sambil denger musik, and sebagai pengalih waktu males ngerjain skripsi, he2… Udah kelamaan gak dirapiin sih nih laptop, berantakan banget. Apalagi direktori yang namanya “download”, beeeuuuh, acak-acakan pisan euy…:D. File hasil download-an terserak gak beraturan, mirip kayak kertas-kertas sketsa yang ada di kamar…`-.-

Udah beres rapiin direktori ntu, terus lanjut ke direktori musik, wew!!! nasibnya gak kalah parah sama direktori download tadi. Apalagi ada file selain musik yang nyeleneh masuk ke folder ini, halaah…*nightfal’s-stuff, especially Tanto. Nama filenya Inkscape-0.47-3.exe. Kok bisa masuk sini ya!? wkwkwk… baru inget, ini kan kerjaannya Dika waktu numpang download. Katanya sih software buat bikin vektor, kayak CorelDRAW ato Illustrator. Yasud, saya coba tuh software, ngabisin kurang lebih 200mb, space yang lumayan😦. Oke, the power of next click pun digunakan, click, click, click, check the run Inkscape on, then finished. hahaha… voila… running deh😀

First-think-first saya lakukan tur, klik sana klik sini dengan bekal pengetahuan bermain di CorelDRAW dan sok tau. Kesan pertama make, cukup familiar lah, atmosfernya mirip-mirip sama CorelDRAW ato Illustrator. Fungsi-fungsinya gak kalah sama dua editor tadi. Cuma butuh sedikit adaptasi mungkin. Terus saya buat objek sederhana, hasilnya lumayan lah dan masih bisa ditingkatin. Ini nih contoh objek yang dibuat.

iseng logo

hehehe… kesimpulannya, ada kemungkinan beralih ke yang satu ini, coz gratis dan gak kalah sama yang berbayar…:-)

Standard

13 thoughts on “Mencoba Inkscape

  1. ayo .. ayo …
    btw, menurut lu sebagai orang yang lama menggunakan corel, apa kelemahan inkscape dan apa sulitnya pindah dari corel ke inkscape?

    oh iya ad, blog nya kok ada delay yah gw ngetiknya … rada berat gitu ad ..

    • hmmm… kelemahan, gw belum nemu ed, coz gw baru install hari ini, belum sempet eksplor lebih jauh. kalo sulitnya pindah mungkin karena tata letak fungsi2nya agak beda dengan corel, jadi sedikit2 ada usaha buat nyari fungsi yang biasa dipake. tapi secara keseluruhan sih kayaknya gw bakal pindah pake inkscape nih. hahaha ya… bertahap lah…. ^^

      emang ada delay ya?? wah, gw kurang tau ed, mungkin karena themenya kali ya!?…

      • hmm … mantab ad klo mau beralih … lebih “aman” kata orang2 …

        keknya delay d kompi kantor aja ad … d laptop gw aman-aman aja … wakakakakak ….

        itu blog gw ga masuk agregator gara2 gw hosting d IIX juga keknya … jadi rada lemot koneksi ke luar nya … pengen mindahin ke hosting yang baru, tapi …. :))

        • hmm … mantab ad klo mau beralih … lebih “aman” kata orang2 …

          kata siapa??
          tapi siapapun oke lah, emang gw sdg berusaha ke situ…😉
          hahaha… emang kompi yang lu pake yang err…tergantung amalan. wkwkwkwkwk… :-p

  2. deekaagus says:

    woiii,,, ternyata ketinggalan do copy… T_T
    gwa dah nyari2 di FD pas di kostan.. dan g ada,,

    trus sapa tau ke delete,,

    gwa buka juga tuh applikasi untuk restore file yg g sengaja k delete,,
    ewngga ada juga,,,
    ternyata g ke copy,,,,

  3. wah, ini salah satu software favorit saya.. he3..
    walaupun Open Source tapi efeknya tak kalah dengan yang berbayar..

    apalagi ke depan HTML5 akan support tipe file SVG, makin mantab tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s